PEMROGRAMAN DASAR

Bookmark and Share

1.       Jelaskan pengertian Algoritma!
Jawaban :
Algoritma adalah Sistim kerja komputer memiliki brainware, hardware, dan software. Tanpa salah satu dari ketiga sistim tersebut, komputer tidak akan berguna. Kita akan lebih fokus pada softwarekomputer. Software terbangun atas susunan program (silahkan baca mengenai pengertian program) dan syntax (cara penulisan/pembuatan program). Untuk menyusun program atau  syntax, diperlukannya langkah-langkah yang sistematis dan logis untuk dapat menyelesaikan masalah atau tujuan dalam proses pembuatan suatu software. Maka,Algoritma berperan penting dalam penyusunan program atau syntax  tersebut.
2.       Jelaskan perbedaan algoritma dengan program
Jawaban :
a.      Program
Program adalah kumpulan pernyataan komputer
-          Realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman
-          Ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman
-          Program tersusun atas sederetan instruksi yang dikerjakan komputer
-          Suatu implementasi dari bahasa pemrograman
b.      Algoritma
Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program.
-          Algoritma merupakan hasil pemikiran konseptual  supaya dapat dilaksanakan oleh komputer
-          Tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun
-          Dapat diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman
-          Output yang akan dikeluarkan sama  karena algoritmanya sama
Program = Algoritma + Bahasa (Struktur Data)
3.       Sebutkan persyaratan suatu algoritma dikatakan baik!
Jawaban :

  1. Tingkat kepercayaannya tinggi (realibility). Hasil yang diperoleh dari proses harus berakurasi tinggi dan benar.
  2. Pemrosesan yang efisien (cost rendah). Proses harus diselesaikan secepat mungkin dan frekuensi kalkulasi yang sependek mungkin.
  3. Sifatnya general. Bukan sesuatu yang hanya untuk menyelesaikan satu kasus saja, tapi juga untuk kasus lain yang lebih general.
  4. Bisa dikembangkan (expandable). Haruslah sesuatu yang dapat kita kembangkan lebih jauh berdasarkan perubahan requirement yang ada. 
  5.  Mudah dimengerti. Siapapun yang melihat, dia akan bisa memahami algoritma anda. Susah dimengertinya suatu program akan membuat susah di-maintenance (dikelola).

4.       Sebutkan 3 jenis struktur dasar algoritma!
Jawaban :
1)      Runtunan (Sequential)
Setiap instruksi atau perintah dalam runtunan ditulis dalam satu baris atau beberapa instruksi dalam baris yang sama tetapi antara setiap instruksi dipisahkan dengan tanda semicolon/ titik koma ( ; ). Berikut beberapa karakteristik runtunan :
·         Setiap instruksi dikerjakan satu per satu.
·         Setiap instruksi hanya dikerjakan satu kali, tidak ada instruksi yang diulang.
·         Urutan instruksi yang ditulis dalam notasi algortima sama dengan urutan instruksi yang akan di proses.
·         Akhir dari instruksi terakhir adalah akhir dari algoritma.

Runtunan

Contoh runtunan :
Pertukaran_Dua_Bilangan
{I.S      : Nilai pertama (A) dan nilai kedua (B) sudah terdefinisi}
{F.S     : Menampilkan hasil pertukaran dua bilangan (A dan B)}
Deklarasi :
A, B     : integer {variabel nilai pertama dan nilai kedua}
C         : integer {Variabel bantu}
Algoritma :
C ← A
A ← B
B ← C
Output (“Nilai Pertama = “, B)
Output (“Nilai Kedua = “, A)

2)      Pemilihan (Selection)
Seringkali suatu instruksi hanya bisa dikerjakan jika ia memenuhi suatu persyaratan tertentu, sehingga komputer tidak lagi mengerjakan instruksi secara sekuensial seperti pada runtunan melainkan berdasarkan syarat yang dipenuhi. Berikut 3 jenis kasus pada struktur pemilihan.
·         Analisis Satu Kasus (IF-THEN)
·         Analisis Dua Kasus (IF-THEN-ELSE)
·         Analisis Tiga Kasus atau lebih (IF-THEN-ELSE Bertingkat dan Struktur Case)

Pemilihan

Menentukan_Bilangan_Positif
{I.S : User memasukkan sebuah nilai}
{F.S : Menampilkan hasil proses apakah nilai yang dimasukkan user adalah bilangan positif atau bukan}
Deklarasi :
X          : real
Algoritma :
Input (X)
IF X > 0 THEN
Output (X, “adalah bilangan positif”)
ELSE
Output (X, “bukan bilangan positif”)

3)      Pengulangan (Repetition atau Loop)
Salahsatu kelebihan komputer adalah kemampuannya untuk mengerjakan pekerjaan atau perintah yang sama berulang kali tanpa mengenal lelah dan bosan. Pengulangan dapat dilakukan sejumlah kali sampai kondisi yang diinginkan tercapai. Berikut 3 jenis kontruksi pada struktur pengulangan.
·         Kontruksi FOR . . . DO . . .
·         Kontruksi WHILE . . . DO . . .
·         Kontruksi REPEAT . . . UNTIL . . .
Pengulangan

Mencetak_Nilai_1_sampai_N
{I.S : User memasukkan nilai terakhir (N)}
{F.S : Mencetak nilai dari 1 sampai N}
Deklarasi :
X          : real
Algoritma :
Input (N)
I ← 1
WHILE i  ≤ N DO

5.       Buatlah flowchart dari program :
a.       Mencari luas persegi
Jawaban :



KAMUS
Luas, Panjang, Lebar : Bilangan Bulat
ALGORITMA
1.      Masukkan nilai lebar dan panjang
2.      Hitung luas sama dengan panjang kali lebar
3.      Tampilkan Luas

b.       Mencari luas persegi panjang

Jawaban :

1.      Star (mulai)
2.      Masukan Panjang dan Lebar
3.      Rumus Peersegi panjang P*L  "kalikan Panjang dan lebar"
4.      Hasil (output)
5.      End (selesai)

c.        Mencari/menentukan bilangan genap dan ganjil
Jawaban :

Input               : bilangan, bilangan bulat.
Proses             :  menentukan bilangan ganjil atau genap dengan melakukan pembagian bilangan dengan bilangan 2. Jika sisa pembagian NOL maka bilangan tersebut genap, sebaliknya ganjil.
Output            : Bilangan Ganjil atau Bilangan Genap

6.       Tuliskan Jenis Percabangan!
Jawaban :
a.      if
Percabangan if ini digunakan ketika hendak menentukan satu pernyaatan yang akan dijalankan dengan syarat tertentu.
b.      if else
Percabangan if else digunakan ketika hendak menentukan satu dari dua pernyataan yang akan muncul dengan syarat tertentu.
c.       switch-case
pada perinsipnya percabangan dari switch-case hampir sama degan percabangan if-else. Percabangan switch-case digunakan ketika hendak menentukan satu dari banyaknya kondisi atau pernyataan yang akan bermunculan

7.       Buatlah algoritma untuk menghitung luas dan keliling lingkaran. Dengan masukan berupa jari-jari.
Jawaban :
  • Mulai 
  • Deklarasi nilai Phi = 3.14 
  • Masukan Jari-jari 
  • Hitung dengan rumus 2*phi*r 
  • Hasil 
  • Selesai
8.       Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 7 diatas.
Jawaban :



9.       Buatlah algoritma untuk mengecek bilangan di antara 2 bilangan masukan, apakah sama ataukah lebih besar salah satunya, dan tampilkan hasilnya.
Jawaban :
Algoritmanya :
a.           Masukkan sebuah bilangan sembarang
b.           Inisialisasi sebuah variable i dengan 1
c.           Tulis i, kemudian tambahkan i dengan 1
d.           Lakukan pengecekan apakah i<=n, jika ya ulangi langkah 3, jika tidak selesai

10.   Buatlah flowchart dari algoritma pada soal no 9 diatas.
Jawaban :


{ 1 komentar... Views All / Post Comment! }

Unknown said...

Terimakasih.. tulisannya sangat bermanfaat..
My blog
My Campus

Post a Comment